Langsung ke konten utama

Pengalamanku Ikut Indonesia Career Expo/Offline Job Fair

Hola!! Aku mau cerita pengalamanku ikut offline job fair pertama nih. 

Sebagai seorang lulusan di jaman covid 19, job fair yang aku ikutin tuh biasanya online. Nah kemarin pas tanggal 17-18 Juni 2022 aku nemu informasi soal job fair offline yaitu Indonesia Career Expo yang diselenggarain sama Maxi Organizer. Event ini diadain di gedung SMESCO Indonesia. Lokasinya ada di Pancoran, persisnya di depan halte TJ Pancoran Barat.

Aku kesana tanggal 17 Juni 2022 naik TJ dari Bekasi harapan indah. Kurang lebih butuh waktu 2,5 jam sampai ke tempat acara. Acaranya itu dari jam 09.00-16.00 kalau nggak salah, dan aku sampe sana jam 09.30. Udah rame banget guys ternyata walaupun baru buka setengah jam aja. Apa aja sih yang harus kita bawa? Tentunya CV dong hahaha. Bawa sebanyak-banyaknya, tapi untungnya pas di sana banyak yang ga mesti kasih CV fisik, tapi bisa pakai google form. HP kita juga mesti ada baterai dan kuotanya ya guys, karena banyak daftar lewat hp juga. 

Di sana modelnya ada booth-booth dari berbagai perusahaan dan mereka bakal majang lowongan kerja yang dibuka. Oya, katanya kemarin ada lebih dari 50 perusahaan yang berpartisipasi. Untuk ngelamarnya, bisa taruh CV kita aja di booth nya langsung, atau pakai QR Code yang bisa di scan. Nanti kita daftar di google form dari QR code itu. Kita juga bisa tanya tanya sama perwakilan HRD nya terkait kerjaan itu jobdesk nya seperti apa. Ramah-ramah banget HRD nya yang aku jumpain. Ada walk in interview juga di beberapa booth perusahaan, dan juga ada konsultasi CV sama HRD perusahaan. 


Keramaian di acara career expo

Tips ku untuk yang mau ikut job fair offline ini:

  1. Sebelum kalian ke job fair, cermatin dulu daftar perusahaan yang ada di brosur/pamflet yang disebar di medsos. Hal ini ngebantu banget biar kalian lebih tahu ini tuh perusahan apa dan pas di event nya kalian tuh lebih efisien. Kita juga udah punya bayangan atau incaran bakal datengin booth perusahaan yang mana dulu. Kalau aku kemarin ngelist sekitar 10 perusahaan yang aku tertarik dan bakal kepoin pas di event nya nanti. 
  2. Kita bisa fokus ke satu sisi hall dulu terus cermatin per booth nya itu perusahaan apa, lowongan apa aja yang dibuka, kantornya dimana, dll. Selain perusahaan incaran kita, pasti kita juga bakal liat-liat perusahaan lain kan, nah disini sambil nyari booth PT incaran, kita juga sambil liat sekeliling. Kemudian kalau dirasa click dengan kita, langsung lamar aja. Baru deh pindah ke sisi lain. Kalau aku kemarin pas masuk fokusin ke sisi kiri hall, kemudian sisi kanan hall, baru sisi tengah hall. Terakhir aku kelilingin lagi seluruh hall nya. 
  3. Catat kita sudah ngelamar dimana aja. Hal ini bisa untuk follow up juga status lamaran kita lewat acara career expo ini. 
  4. Jangan lupa sarapan dan bawa minum karena di sana bakal ramai banget jadi harus tetep fit. Ohiya, pakai pakaian yang rapi dan sopan ya sama bawa alat tulis pribadi. 

Kira kira aku selesai kelilingin semua booth nya itu jam 13.00 dan udah puas banget di dalam sana. Yang menyenangkan adalah beberapa booth kasih freebies/goodie bag buat yang udah daftar di PT mereka. 

Beberapa brosur dan freebies dari PT yang dilamar

Sekian ceritaku soal ikut job fair offline ini. Semoga bisa mencerahkan temen-temen yang mau ikutan job fair juga, dan bisa bertemu dengan pekerjaan yang diinginkan lewat job fair yang diikuti, aamiin. 

Annyeongg!!! 

-Bila-



Kata kunci:

Job fair, offline job fair, career expo




Komentar

  1. Hai kak, salam kenal.. aku tau blog kakak dari postingan di linkedin. Sukses selalu yaa kak! :)

    BalasHapus
  2. Yaampun makasi banyak yaa, your words really mean a lot meπŸ™πŸ˜Š sukses juga buat yolla!!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Ikut Tes MT (Management Trainee) Super Indo

 Halo semuanya!!! Kali ini aku mau cerita pengalaman aku ikut tes MT ( management trainee ) di super indo. Nah buat yg masi bingung, MT tuh kita bakal ditraining di perusahaan agar nantinya lebih berkualitas dan bisa ditempatin di posisi manajerial setelah lulus dari program MT tadi. Super indo sendiri adalah jaringan retail supermarket yang telah tersebar di  lebih dari 40 kota di pulau jawa dan bagian selatan sumatera dimana fokusnya adalah menyediakan beragam kebutuhan hidup masyarakat sehari hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan toko yang mudah ditemui. Nah, tanggal 3 juni 2022 kemarin aku daftar MT super indo lewat website career resminya, dan tanggal 9 Juni aku dapet undangan untuk online test pertama via zoom app. Test nya itu tes psikotest. Jadi kita disuruh gambar pohon (kriteria pohon yang boleh dan tidak boleh digambarnya nanti dijelasin lebih lanjut pas tes). Selain itu ada tes di gform juga berupa test personality/ personality assessment .