Langsung ke konten utama

Proses rekrutmen Allobank Career Festival 2022

 Hai haiii!!!!

Ketemu lagi sama Bila di blog ini. Yes, sekarang aku mau cerita pengalaman terbaruku as a jobseeker lagi. 

Jadi sekitar pertengahan Bulan Mei 2022 aku liat iklan di tv tentang Allobank, sebuah bank digital yang didirikan oleh CT Corp. Untuk pembukaannya itu, mereka bikin acara konser selama 3 hari dan juga career festival untuk job opening di seluruh anak perusahaan CT Corp.

Oke, aku daftar deh. Tahapannya itu daftar lewat website rekrutmen resminya. Aku isi seluruh data diri dan pilih dua posisi, dan sekitar dua hari kemudian aku dapet email tanggal tes nya, yaitu tanggal 20 Mei 2022. Tapi sayangnya aku nggabisa ikut karena bentrok sama tes BUMN, so aku email balik mereka bilang bahwa aku sangat tertarik untuk ikut rekrutmen ini tapi aku pengen reschedule jadwal di hari besoknya. FYI aja, tes awalnya allobank ini dibagi 3 hari.

Sayangnya dari panitia email balik aku bilang bahwa tes gabisa ganti hari. Jadi aku udah ikhlasin aja, mungkin emang belum jalannya. Eh tapi di h-1 tes ku, ternyata tes ku diubah jadi tanggal 21 Mei. Yes, alhamdulillah aku jadi bisa ikutan deh.

Formulir Allobank Career Fest

Berangkatlah aku pagi pagi jam 5.30 dari rumah. Karena tes nya diadakan jam 7.30 di Istora Senayan, butuh waktu untuk ke sana akhirnya aku berangkat pagi banget. Sampai sana jam 7. Aku registrasi dan bayar tiket masuk 1000 rupiah menggunakan Allobank. Jadi aku harus download Allobank dan isi saldo dulu sebelum tes nya. Setelah itu, aku masuk ke dalam arena tes.

Tes nya itu menggunakan proyektor. Kita semua sebagai peserta tes duduk di bangku bangku tribun. Soalnya terdiri dari 60 soal pengetahuan umum dan 20 soal bahasa inggris yang soalnya ditampilkan di proyektor. Jujur aja pas soal pengetahuan umum itu bener-bener umum banget dan aku banyak ngasal karena gatau jawabannya. Jawaban dikirim via whatsapp ke nomor trans.

Sekitar 2 minggu kemudian, aku dapet email bahwa aku lolos tes kemarin, alhamdulillahh. Oh ya, katanya waktu awal itu ada 20.000 yang daftar, dan yang lolos tes awal itu ada 3000 an. Tes selanjutnya adalah psikotest yang diadakan tanggal 26 Juni 2022. Tes nya diadakan langsung di Gedung Trans TV di Tendean Jakarta Selatan.

Gedung Trans TV

Di tes psikotest itu, setelah registrasi kita semua dikumpulin di satu ruangan dan untuk pengerjaan psikotestnya menggunakan aplikasi Allofest atau bisa pakai website allofest. Nah aku pilih pake aplikasi aja, jadi langsung download disana. Tes nya itu sekitar 1,5 jam. Tes yang pertama itu adalah tes kepribadian. Kemudian selanjutnya ada 5 subtes. Tesnya terdiri dari tes perbandingan logika, tes menghitung jarak angka, tes menghitung jarak huruf, tes huruf yang diputar balik, dan yang terakhir kalau nggak salah tes gambar (aku agak lupa sub tes terakhir). Menurutku tes nya mirip tipenya kaya psikotes di Paragon Corp.

Pengumumannya datang 4 hari kemudian. Wahh, aku kaget sih karena rasanya cepet banget nihh. Alhamdulilah aku lolos lagi dan lanjut ke tahap Interview HC di tanggal 5 Juli. Tempatnya masih sama, di gedung Trans TV. 

Proses interview ini dimulai dengan registrasi peserta dengan barcode di formulir, kemudian kita dikumpulin di satu ruangan, dan dipanggil namanya 4 orang sekaligus. 4 orang itu akan diinterview oleh satu recruiter. Jadi kita duduk, terus kakak recruiternya di depan kita akan nanya satu satu dari kita dan akan diketik jawabannya di laptop. Jujur aja, aku baru sekali ini interview yang langsung banyak orang dan jawaban kita didengar orang lain kan otomatis. Jadi semacam pengalaman baru sih😊.

Aku nunggu pengumuman itu sekitar 2 minggu. Pengumuman email dateng dan sayangnya aku nggak lolos. Kalau yang lolos, akan menjalani tahap akhir yaitu interview user. Mungkin waktu itu kualifikasiku kurang sesuai dengan requirements atau ada yang lebih cocok dengan posisi tersebut dibandingkan aku.

Walaupun aku ga lolos dan gagal bergabung jadi karyawan Trans, aku tetep senang banget dapat banyak pengalaman selama prosesnya, seperti gimana aku explore kendaraan umum sampai ke Trans dari Bekasi sampe ke Tendean, trus berkesempatan liat sekilas ruang kantor di dalam Trans seperti CNN dan CNBC, dan juga banyak dapet teman baru selama proses rekrutmen ini.

Buat temen temen jobseeker out there, jangan pernah patah semangat, terus lamar, terus coba, terus usaha, terus update skill, terus belajar, dan pastinya terus berdoa dongg. Selanjutnya kita tinggal serahin kepada Tuhan YME karena Ia lah sebaik-baiknya penentu. Semoga segera bertemu dengan pekerjaan terbaiknya yaa, aamiiin🙏🏻

Sekian ceritaku hari iniii.... Dadahhh👋👋👋


Bilanisa Almeyda 

#rekrutmen #allobank #careerfest #transtv 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Ikut Tes MT (Management Trainee) Super Indo

 Halo semuanya!!! Kali ini aku mau cerita pengalaman aku ikut tes MT ( management trainee ) di super indo. Nah buat yg masi bingung, MT tuh kita bakal ditraining di perusahaan agar nantinya lebih berkualitas dan bisa ditempatin di posisi manajerial setelah lulus dari program MT tadi. Super indo sendiri adalah jaringan retail supermarket yang telah tersebar di  lebih dari 40 kota di pulau jawa dan bagian selatan sumatera dimana fokusnya adalah menyediakan beragam kebutuhan hidup masyarakat sehari hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan toko yang mudah ditemui. Nah, tanggal 3 juni 2022 kemarin aku daftar MT super indo lewat website career resminya, dan tanggal 9 Juni aku dapet undangan untuk online test pertama via zoom app. Test nya itu tes psikotest. Jadi kita disuruh gambar pohon (kriteria pohon yang boleh dan tidak boleh digambarnya nanti dijelasin lebih lanjut pas tes). Selain itu ada tes di gform juga berupa test personality/ personality assessment .

Pengalamanku Ikut Indonesia Career Expo/Offline Job Fair

Hola!! Aku mau cerita pengalamanku ikut offline job fair pertama nih.  Sebagai seorang lulusan di jaman covid 19, job fair yang aku ikutin tuh biasanya online . Nah kemarin pas tanggal 17-18 Juni 2022 aku nemu informasi soal job fair offline yaitu Indonesia Career Expo yang diselenggarain sama Maxi Organizer. Event ini diadain di gedung SMESCO Indonesia. Lokasinya ada di Pancoran, persisnya di depan halte TJ Pancoran Barat. Aku kesana tanggal 17 Juni 2022 naik TJ dari Bekasi harapan indah. Kurang lebih butuh waktu 2,5 jam sampai ke tempat acara. Acaranya itu dari jam 09.00-16.00 kalau nggak salah, dan aku sampe sana jam 09.30. Udah rame banget guys ternyata walaupun baru buka setengah jam aja. Apa aja sih yang harus kita bawa? Tentunya CV dong hahaha. Bawa sebanyak-banyaknya, tapi untungnya pas di sana banyak yang ga mesti kasih CV fisik, tapi bisa pakai google form . HP kita juga mesti ada baterai dan kuotanya ya guys, karena banyak daftar lewat hp juga.  Di sana modelnya ada booth